List Bahan Membuat Sabun Mandi Rumahan Yang Harus Ada

Buat Pembaca yang sedang mengagendakan membuat Sabun Mandi/Muka sendiri, list bahan membuat Sabun bisa dibeli dengan mudah ditoko terdekat maupun online. Termasuk saya sebagai Admin web pun menjual bahan Sabun homemade online buat kamu yang masih belum lengkap bahannya. Namun detail info Sabun pada halaman ini adalah Sabun Batangan buatan sendiri sehingga tidak bisa dijual secara bebas sebab membuat Sabun itu perlu serentetan proses ijin dan membutuhkan modal besar karena Sabun pertanggungjawabannya besar yaitu berhubungan dengan keamanan produk terhadap keselamatan manusia / konsumen, maka dari itu kewenangan untuk memproduksinya membutuhkan ijin dari BPOM.bahan membuat sabun

Bahan Membuat Sabun Mandi dan Sabun Muka Batangan

Bahan membuat Sabun ini walau bisa jadi ada yang asing namanya bagimu, namun sebenarnya ada disekitarmu. Sebelum membuat Sabun, perlu Admin sampaikan yang tidak kalah penting dari bahan-bahan ini adalah kamu harus menyiapkan diri mental kamu terhadap tangan kamu yang kemungkinan akan menjadi sangat kasar setelah membuat Sabun. Jujur saja membuat Sabun sendiri tidaklah cocok dibuat oleh wanita yang masih manja alay apalagi penakut. Lha kan ada Sarung Tangan, Min? Ya benar, Sarung Tangan wajib banget, tapi itu tidak menjamin tangan kamu bakal selamat dari kasap bin kasar sebab yang namanya aktivitas kan siapa tahu ada yang melenceng dari yang sudah diprosedurkan misalnya cairan Sabun ndlewer-ndlewer meluber kemana-mana karena panik gak bisa slow yang akhirnya mengenai tangan kamu. Apalagi bau adonan Sabun itu sangat menyengat dan gak bakalan bikin kamu betah hehehe…. Jadi memang aromanya sangat memuakkan, bertolak belakang dengan hasilnya yaitu wangi. Bahkan BERHARI-HARI ketika Adonan Sabunmu dalam proses diangin-anginkan itu aroma tak sedapnya akan berkeliling merata ke seantero rumah kamu hehehe… Aroma akan berubah wangi ketika sudah mendekati “JADI / SIAP PAKAI”

Yah namanya juga Pemula tidak pernah membuat Sabun sebelumnya, tangan kena Bahan Sabun itu lumrah. Masalahnya Adonan Sabun tidaklah seperti Adonan Kue yang jika luber makan bisa dijilat. Bahan Sabun kena tanganmu akan bikin kasar kulit bahkan gatal-gatal , panas spontanitas dan yang jelas bisa mengakibatkan luka lalu meninggalkan bekas luka dikulit. Makanya PASTIKAN ALAT-ALAT MEMBUAT SABUN HARUS LENGKAP ya termasuk PENGAMANNYA untuk jaga-jaga hal yang tidak diinginkan.

Oh iya bahan-bahan Sabun ini versi herbal atau alami ya, nggak pakai detergent seperti sabun-sabun ditoko, makanya Sabunnyapun bagus tanpa bikin kulit hilang kelembaban alaminya. Pokoknya elo banget dah kata orang Betawi hehe..

BAHAN-BAHAN BAKU SABUN MANDI / MUKA BATANGAN VERSI HOMEMADE:

  1. Minyak Zaitun (banyakin Minyak Zaitunnya ya dibanding Minyak lainnya agar Sabun lembut dikulit)
  2. Minyak Sawit
  3. Minyak Kelapa
  4. Air
  5. NaOH

Bahan-bahan Sabun sekunder alias nggak harus ada, artinya: tanpa bahan-bahan inipun Sabun bisa terbentuk dengan baik dan bisa dipakai untuk mandi dengan catatan takaran bahannya pas ya. Sabun jadi tambah bagus dan sempurna saja kalau ada bahan-bahan:

  • Parfum
  • Virgin Olive Oil
  • Virgin Coconut Oil
  • Castor Oil
  • Susu (kalau pakai Susu maka takaran air dikurangi ya)
  • Activated Charcoal jika mau memuat Sabun Hitam (biidznillah ampuh banget buat ngurangi minyak berlebih)
  • Bubuk Bidara kalau mau bikin Sabun Bidara
  • Madu

Alat Membuat Sabun Batangan dirumah

membuat sabunHarus ada ya, inga-inga bahan ini yang tadi Admin sebutkan HARUS LENGKAP sebab berhubungan dengan keselamatan kulit:

  • Sarung Tangan & Sarung Kaki
    Gunanya untuk melindungi Tangan dari bersebtuhan langsung dengan NaOH. Intinya badan usahakan jangan ada yang terbuka selama proses pembuatan Sabun agar tidak terkena: cipratan adonan maupun uap pada pencampuran NaOh dan air. Proses pencampuran ini memang akan langsung membuat 2 zat ini super panas , mengeluarkan uap seperti dimasak, tapi baunya jelek banget.
  • Penutup hidung.
    Janganlah bilang “biarin, gak usah pakai penutup hidung, aku sudah biasa kena bau busuk” oh no… Sabun tidak hanya akan mengeluarkan bau super jelek, melainkan dikhawatirkan uap akan masuk kebadan kamu melalui hidung sehingga berefek buruk buat badan kamu dimasa yang akan datang. Ya kalau kamu bikin Sabun sekali dong bisa jadi dimaafkan jika tidak pakai penutup hidung, tapi tetap saja dibutuhkan untuk menghindarkan wajah dari cipratan bahan Sabun.
  • Wadah dari Bahan Plastik
    Wadah harus jangan yang terbuat dari bahan besi alias yang mudah luntur zatnya sebab Adonan Sabun itu korosif . Pakailah Wadah yang besarnya sedikit banyak lebih besar dari jumlah bahan-bahan yang akan dipakai. Misal bahan Sabun total yang akan dipakai adalah 1 kg meliputi Minyak, cairan dan lainya maka perlu disiapkan wadah yang muat 2 kg. Intinya lebih besar ya, Dear, agar tidak muncrat kemana-mana ketika Bahan Sabun diblender.
  • Blender
    Boleh pakai blender yang untuk membuat Roti. Harus buruan dicuci setelah selesai membuat Sabun. Bisa pakai tangan tapi akan lebih lama dalam membuat Sabun dan belum tentu kamu akan berhasil membuatnya, artinya belum tentu Sabunmu akan mengeras.
  • Kaca mata.
    Pakai Kaca mata mainan juga gak papa, yang penting bisa melindungi mata dari cipratan dan uap ketika kamu mencampurkan NaOH dengan air. Namanya juga cipratan, otomatis tidak sengaja, so jangan menyepelekan kacamata sebab unsur ketidaksengajaan itu bisa terjadi. Kan gak asik mata jadi bermasalah gara-gara kamu penasaran membuat Sabun dewe.
  • Cetakan Sabun.
    Cetakan Sabun bebas saja terbuat dari apa sebab kalau membuat Sabun versi Mimin pasti Cetakannya tidak diperuntukkan bersentuhan langsung dengan Sabun apalagi Adonan sabun hanya akan dipakai sekitar 10 jam saja, sehingga nggak ada istilah Cetakan akan lumer zat pada cetakan dan nggak mengenai Sabun yang mana jika lumer (korosif) maka akan berakibat buruk buat kulit kamu.
  • Beberapa buah Sendok .
    Untuk ngambilin bahan-bahan.
  • Timbangan digital.
    Butuh yang digital agar lebih akurat. Tapi kalau beli Paket Bahan Sabun disaya maka gak perlu timbangan sebab saya sudah menakarnya.
  • Pisau
    Pisau dapur bolehlah untuk memotong Sabun. Pemotong Sabunnya Admin mah kayak gini (Pembaca boleh beli) pemotong sabun kayu

Cara membuat Sabun bisa kamu baca diwebsite ini. Kenapa harus beli sepaket Bahan Sabun untuk Pemula? Jawab:  agar tidak mubazir karena sisa-sisa bahannya masih ada jika beli bukan paketan. Bahan Paketan dari saya ada penambahan bahan-bahan agar hasil semakin maksimal yaitu ada minyak Zaitun Perasan Pertama, Extra Virgin Coconut Oil alias VCO yang bagus, Minyak Kastor, ada pula Bubuk Charcoal buat yang minat bikin Sabun Hitam (harus bilang kesaya jika memang mau hasil hitam) untuk membantu mengurangi minyak diwajah yang berlebihan serta jerawat. Paketan Bahan Sabun dari saya sudah ditimbang sesuai kebutuhan ya sehingga kegagalan insyaalloh sangat minim alias gampang banget kamu buat berhasil. Cocok dah buat yang mau coba-coba.

Ya memang membuat Sabun Batangan itu rada-rada aneh dikit, jika salah takaran antara NaOH dengan Minyak maka gak bakalan jadi sabun alias Minyak tidak membeku dengan baik. Belum lagi kalau NaOH kelebihan dosis maka bukan kulit badan menjadi bersih setelah memakai Sabun, justru akan menjadi gatal-gatal efek NaOH masih belum menguap hilang dengan sendirinya selama masa diangin-anginkan. Paketan sudah ada KERTAS PETUNJUK CARA MEMBUAT SABUN, silakan beli di link BAHAN SABUN SEPAKET .

Nah ini dia Sabun buatan Mimin, taraaaaa….

sabun buatan sendiri

Lalu Sabunnya dipotong yah. sabun sendiribikin sabun batangan